Wednesday, October 7, 2015

MANIS KOK SADIS

                                                     ALS 

Bukan hanya perokok berat,pencandu kopi bahkan hobbi permen sejak usia sekolah sampai
lansia.Mendadak dunianya kelam karena hilangnya penglihatannya dimulai dari bayangan seperti nyamuk selalu melintas didepan matanya.beberapa bulan sebelumnya.Setiap habis makan mulai sarapan sampai makan malam minumannya teh manis kadang kadang es syrup..Makanan manis bak makanan surgawi buatnya.Tampangnya bulpen(bulat pendek) memang orangnya hobbi makan tapi kurang senang berolah raga.Sebelumnya tidak pernah kedokter karena tak ada keluhan berarti ,hanya kadang kala sakit kepala ringan yang bisa hilang dengan sebutir bodrex.
Dengan ditemani dan dituntun istrinya memeriksakan dirinya kedokter spesialis mata ternyata ditemukan kerusakan pembuluh darah retina.Retina merupakan lapisan dibelakang bola mata yang peka terhadap cahaya ,penerima bayangan yang jatuh pada lensa mata, kemudian meneruskan keotak lewat syaraf untuk menginterpretasikan apa yang dilihat.
Selanjutnya dikonsulkan kedokter penyakit dalam khusus endokrinologist karena kecurigaan adanya penyakit gula(kencing manis alias diabetes mellitus).
Hasil pemeriksaan darahnya didapati kadar gula darah sewaktu 650mg% dan tensinya 210/120 mm Hg.Disarankan rawat nginap di rumah sakit karena rekaman ECG didapati gambaran iskemik berat sewaktu waktu bisa berkembang jadi myocard infarct akut(rusaknya otot jantung menda
dak)Langsung dirawat di ICU(Unit Rawat Intensive) agar bisa dimonitor secara kontinu.
Dua jam terbujur di ICU tiba tiba sesak nafas dan gelisah,gambaran monitor ECG menunjukkan infarct myocard inferior accute ,tensi turun mendadak 80/40,denyut jantung melambat sampai berhenti.Dilakukan resusitasi jantung paru ,setelah 45 menit,ECG tetap mendatar,tensi tak terukur denyut nadi tak teraba,akral dingin dan cyanosis berat,pupil dilatasi,reflex cahaya negatip,resusitasi dihentikan dan dinyatakan meninggal oleh dokter intensivist.dan kardiologist.
Drama singkat tapi tragis mulai hilangnya penglihatan mendadak sampai dada terasa terhimpit dan ditutup dengan berhentinya jantung selama lamanya simanislah otak pelaku utamanya.
Simanis yang dianggap bidadari dari surga kelihatan begitu intim dan mesra, diam diam mengharungi darahnya meremukkan jantungnya tanpa pamit.
Glukosa(gula) satu satunya sumber energi yang dibutuhkan otak untuk mempertahankan intergritas dan fungsi tiga milyar sel otak dan sel sel tubuh lainnya.
Dengan energi manusia bisa bernafas,darah bisa mengalir,jantung bisa berdenyut,mata bisa melihat dan tubuh bisa bergerak.
Kerja sama oksigen dan glukoselah memproduksi energi yang dibutuhkan untuk hidup;
Ketika oksigen tak hadir maka glukose akan dirubah jadi oksidan yang justru merusak otak.
Glukose haruslah masuk kedalam sel bersama oksigen untuk melahirkan energi dimana peran insulin sebagai satu satunya kendaraan membawa glukosa masuk kedalam sel atau sebagai kunci utama pembuka pintu sel menerima kehadiran glukosa kedalam sel.dan insulinlah yang memaksa sisa glukosa yang berserakan dalam darah masuk kedalam hati dan otot jadi glikogen sebagai cadangan bila sewaktu waktu tak ada pemasukan glukosa dari luar tubuh.
Insulin diproduksi oleh sel sel Langerhans pancreas bila fungsinya melemah maka produksi insulin akan menurun dan gula darah akan meningkat tajam.
Bila terlalu aktip berkepanjangan akibat pemasukan glukosa berlebihan maka pabrik insulin akan keletihan tak berdaya memproduksi insulin lagi.atau produksi insulin normal namun kualitas turun sehingga terjadi resistensi terhadap insulin
Hal ini bisa terjadi diwaktu muda tak pernah menderita kencing manis saat lansia baru digrogoti.
Type kencing manis seperti ini disebut diabetes type dua(type dewasa) sedangkan yang didapat sejak kecil dibawah usia 30 tahun karena kelainan bawaan atau infeksi virus atau kurang gizi menyebabkan kerusakan permanen hampir 90% sel beta pancreas  disebut diabetes type satu(Juvenile diabetic).
Diabetes type satu haruslah dapat asupan insulin dari luar sedangkan diabetes type 2 bisa dikontrol dengan diet atau obat diabetik per oral.
Diagnose diabetes mellitus ditegakkan berdasarkan polidipsi(sering haus),poliuri(sering dan banyak kencing) dan polifagi((banyak makan) dan pada pemeriksaan darah kadar glukose tinggi.
Positip diabetes kalau kadar gula darah sesudah puasa 8 jam diatas 120 mg% dan gula darah sewaktu diatas 200mg%.
Apapun typenya gula darah tetap meningkat tajam bila tidak dikontrol, secara bertahap menghabisi tuan rumahnya Bayangkan kuman atau bakteri akan berpesta pora karena gula merupakan sumber makanan untuk berkembang biaknya akan menyerbu seluruh organ tubuh penderita DM lewat septikemia(racun yang dilepas bakteri dalam darah).
Konsentrasi gula darah yang tinggi membuat viskositas(kekentalan) darah meningkat,aliran
melambat sampai terbentuk sumbatan(thrombosis) dalam pembuluh darah.Bila menyumbat aliran darah otak akan terjadi terhentinya aliran darah otak dengan gejala tergantung lokasi diotak bisa hemiplegia(lumpuh separuh badan),koma sampai meninggal.perlahan lahan.
Bila menyumbat aliran darah koroner(yang mendarahi otot jantung) akan terjadi infarct(rusaknya otot jantung) dengan lumpuhnya aktivitas jantung sampai meninggal mendadak.
Tatkala menyumbat aliran darah ginjal akan mengganggu fungsi ginjal sampai gagal ginjal
sehingga membutuhkan renal dialise(cuci darah) secara rutin dengan penyulit tanpa akhir,
Bila menyumbat pembuluh darah retina akan merusak total retina dengan kebutaan yang cukup
mengenaskan.Ketika pembuluh darah tepi jadi korbannya anggota tubuh berangsur angsur akan membusuk dan tempo tempo harus diamputasi berulang ulang.
Penyakit diabetes memang tak bisa disembuhkan hanya bisa dikontrol.
Yang utama adalah mencegah penyulit yang timbul.dengan mematuhi minum obat,diet yang ketat dan aktip berolah raga jalan cepat(5-6}km perjam pertahankan berat badan ideal.
Tampaknya susu kedelai((indeks glisemiknya rendah) mampu mengontrol gula darah dan fluktuasi insulin.sementara teh hijau dilaporkan mengandung katekin melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu penyumbatan pembuluh darah dan gangguan jantung.
Beras dengan indeks glisemik yang tinggi merupakan makanan pokok bangsa Indonesia memicu timbulnya diabetes dimana konsumsi nasi 130 kg pertahun perorang merupakan pengkonsumsi beras tertinggi dibandingkan Tiongkok 100 kg,Malaysia 90kg,India 74kg dan Jepang hanya 70kg/tahun dimana jumlah penderita diabetes Indonesia telah mencapai sembilan juta orang dan sembilan puluh ribu orang diantara umur 0-18 tahun menduduki peringkat kelima dari 100 negara tersebar diabetes didunia.Selama ini penderita diabetes mengkonsumsi beras Taj Mahal dari India yang indeks glisemik rendah namun kini terhambat karena larangan mengimpor beras.
Berdasarkan penelitian lebih dari 90% penderita diabetes mellitus bergaya hidup tidak sehat antara lain kurang suka mengkonsumsi sayur dan buah,konsumsi gula yang berlebihan padahal
anjura WHO jangan lebih 25g/hari,malas bergerak,doyan merokok dan minum alkohol.
Bahaya turunnya gula darah(hipoglikemia) dibawah 60mg%  lebih dari satu jam bisa merusak sel
otak yang membawa kematian segera bila tak cepat diketahui dan diterapi berbeda dengan kelebihan kadar gula darah(hiperglikemia) masih mungkin bertahan berhari hari,
Yang paling penting menutup pintu kehadiran diabetes dengan pola hidup sehat,makanan seimbang,makanlah diwaktu lapar berhenti sebelum kenyang,hindari gula tambahan (gula pasir dan sejenisnya) cukupkan dengan gula alami yang dijumpai dalam makanan sehari hari seperti dalam buah(fruktosa) atau susu(laktosa) terutama yang berumur diatas 50 tahun dan olah raga ringan 30 menit setiap hari.Oh diabetes sekali diabetes selamanya diabetes lho.
Jadikanlah hari diabetes sedunia 14 November setiap tahunnya untuk mengkampanyekan Gerakan Stop Diabetes membangkitkan kesadaran bahaya diabetes.

Dikutip dan disusun oleh ALS :Semarang Minggu 15 November 2015,published jam 09.15 wib.

No comments:

Post a Comment